Sinetron Andai Ku Tahu

Andai Kutahu                                                                                Andai Ku Tahu

Drama Cinta Segitiga dan Perjuangan Hidup   Predikat raja sinetron yang selama ini dipegang oleh RCTI, rupanya kini sudah berpindah tanggan. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan AGB Nielsen beberapa waktu lalu, stasiun tv dengan lambang kepala Rajawali ini, posisinya berada diurutan ke dua untuk kategori sinetron. Fenomena ini rupanya membuat RCTI bangkit kembali menghadirkan sebuah tontonan berkelas. Bukan saja lewat jalan cerita, dalam sinetron bertajuk Andai Kutahu ini, RCTI juga menghadirkan bintang-bintang kelas atas. Lalu, seperti apakah daya pikat sinetron ber-gender cinta yang ditayangkan RCTI setiap Selasa jam 19.00 WIB ini?      

            Udara panas siang itu rupanya tak sebanding dengan rasa penasaran Nico (Irwansyah) yang tidak sengaja melihat seorang gadis cantik bernama Karina (Acha) di persimpangan jalan. Namun ketika pemuda berwajah ganteng ini berjalan menghampiri, sosok Karina seperti hilang ditelan bumi. Ekspresi wajah kebingungan Nico pun semakin menjadi-jadi. Sambil masih berusaha mencari tanda-tanda keberadaannya, pemuda ini berguman apakah yang dilihatnya itu ada atau hanya lamunan belaka.

            Sekilas aksi sepasang kekasih di lokasi syuting ini merupakan penggalan dari sekuel cerita panjang sinetron Andai Kutahu garapan sutradara ternama, Umam AP yang beberapa waktu lalu mengambil tempat di daerah Jakarta Timur. Bukan saja diwarnai kisah cinta sepasang kekasih yang sedang naik daun, di lokasi syuting itu juga terlihat bintang sinetron papan atas Rafli Ahmad dan artis cantik Inneke Koesherawati.

            Satu lagi tayangan sinetron bertema kisah cinta remaja, bakalan ikut meramaikan dunia pertelevisian yang sebenarnya sudah sarat dengan sinetron tentang cinta. Meski nasib tontonan seperti ini acap kali timbul dan tengelam, namun sejak Andai Kutahu ditayangkan perdana di layar kaca pada tanggal 12 Juni 2007, sambutan antusias dari pecinta layar kaca. Bukan saja dari segi ceritanya, keberadaan duet Irwansyah-Acha dalam satu frame, serta nama besar Rafli Ahmad, seakan bisa membius perhatian masyarakat pecinta sinetron.

            Seakan ingin mengulang sukses yang digapai dua sinetron laris sebelumnya, yakni Istri untuk Suamiku dan Olivia. Kini RCTI kembali memboyong tontonan anyar dengan menaburkan beberapa nama bintang besar di dalamnya. Sebagai ikon remaja, nama-nama seperti Acha dan Irwansyah tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Begitu pula dalam dunia seni peran dan tarik suara, mereka terkenal sebagai pasangan kekasih yang sukses lewat original soundtrack dan film Heart.

            Andai Kutahu menghadirkan pemain-pemain muda berbakat dengan karakter yang kuat pula. Akting Acha dan Irwansyah di film sebelumnya sudah memukau. Kemudian, ada Raffi Ahmad yang bermain sangat baik dalam sinetron Olivia. Kolaborasi mereka bertiga membuat kami optimistis sinetron ini akan diminati,” ungkap Director Programming RCTI Harsiwi Achmad beberapa waktu lalu.

            Terlepas dari itu semua, kali ini RCTI benar-benar ingin mengembalikan perhatian pemirsa mudanya. Dengan menyuguhkan jalan cerita yang mengeksploitasi kisah cinta kaum remaja, Andai Kutahu ini diharapkan mendulang sukses seperti sinetron Olivia yang sebelumnya sempat berada di rating paling atas dari semua jenis sinetron yang ditayangkan stasiun televisi. “Kalau ditanya harapan, tentu kita ingin Andai Kutahu bisa menjadi nomor satu, mengalahkan sinetron-sinetron yang pernah ditayangkan RCTI sebelumnya” tambahnya.

            Kehadiran pamor artis-artis besar membuat Siwi, begitu sapaan Harsiwi Achmad, begitu yakin sinetron ini bakal mendongkrak dan mengembalikan pemirsa setia RCTI.  Selain memiliki ‘nilai jual’, hadirnya bintang-bintang ternama ini membuat jalan cerita sinetronnya punya kekuatan dan sangat unik. “Jalan ceritanya kuat, menarik dan tidak mudah ditebak. Lebih dari itu, pesan yang hendak disampaikan dalam sinetron ini juga unik, yaitu tentang semangat hidup dan bagaimana cara menghargainya,” jelas Siwi.            Pendapat serupa juga disampaikan sutradara lulusan Institut Kesenian Jakarta, Umam A.P. Menurutnya, cerita dalam Andai Kutahu memiliki keunikan tersendiri. Bukan saja dari karakter pemain, melainkan juga dari konflik cerita yang diyakini mampu mengaduk emosi penonton. “Dalam sebuah judul sinetron, yang paling perlu diperhatikan adalah kekonsistenan dengan ide cerita awal, dan itulah yang selalu berusaha saya jaga,” ungkap sutradara Montir-Montir Cantik, Istri untuk Suamiku, dan Olivia ini.  Menghadirkan beberapa nama besar dalam satu cerita, tentu membutuhkan biaya yang lumayan besar. Hal tersebut juga diakui oleh Siwi. Menurutnya untuk membuat Irwansyah, Acha, dan Rafli dalam satu frame, dibutuhkan biaya ekstra. “Mereka itu (Irwansyah, Acha, dan Raffi) artis papan atas sehingga honor yang dibayar pun juga di atas rata-rata. Sinetron ini akan meluluhkan hati dan mengurai air mata siapa pun yang menyaksikannya,” ungkap Siwi.

Cita Segitiga. Tidak dapat dipungkiri, sinetron Andai Kutahu ini akan menjadi salah satu program unggulan RCTI untuk menyandang kembali predikat raja sinetron televisi. Drama remaja yang diproduksi Rapi Films dan disutradarai Umam AP ini mengisahkan tentang percintaan Karina (Acha), dengan Marcel (Raffi Achmad) yang sekarat karena menderita kanker otak.

            Marcel sudah kehilangan semangat hidupnya, dia pun dalam keadaan putus asa. Sementara itu, Karina berasal dari keluarga miskin dan bercita-cita menjadi dokter. Untuk membayar uang sekolah, dia bekerja paruh waktu sebagai sukarelawan rumah sakit. Di situlah awal pertemuan Karina dengan Marcel.

            Kehadiran Karina sedikit demi sedikit membawa Marcel untuk berpikiran positif, bersyukur, dan menikmati hidup. Kegigihan Karina membuat Marcel bersimpati dan mulai menaruh hati. Perjuangan Karina telah mampu melunakkan hati Marcel hingga membuatnya jatuh cinta pada Karina. Akhirnya, Marcel mulai menjalani perawatan kemoterapi yang awalnya sangat dibencinya. Rasa sakitnya seolah hilang karena Karina senantiasa mendampinginya.

            Tanpa Marcel sadari, sebenarnya Karina sangat mencintainya, tapi takut Marcel akan berteriak kepadanya dan menganggap hanya mengasihaninya. Ketika masa perawatan Marcel selesai dan dokter bilang kalau dia memiliki kesempatan untuk hidup, Marcel sangat bahagia dan memutuskan untuk menyatakan cinta pada Karina. Namun, di balik itu, keadaan mulai berubah saat adik Marcel, Nico (Irwansyah) juga jatuh cinta kepada Karina, jauh sebelum Karina mengenal Marcel.

            Mengusung cerita anak muda, bukan berarti sinetron ini hanya akan ditonton oleh anak muda. Dilihat dari konsep besar jalan ceritanya, tayangan ini layak dinikmati smua umur karena tidak ada adegan kekerasan atau horror. Menurut rencana, Andai Kutahu akan dibuat dalam pola kerja kejar tayang. Untuk tahap awal, Harsiwi mengatakan akan ditayangkan sebanyak 13 episode. “Kalau perkembangannya bagus, kita bisa perpanjang kontraknya, bahkan lebih dari 100 episode,” tambahnya mantap. Hendrik

  Side Bar Acha & Irwansyah Takut Penonton Bosan

            Setelah dua kali Acha dan Irwansyah bermain dalam film layar lebar, (Heart & Love is Cinta) untuk pertama kalinya mereka duet bareng dalam sinetron berjudul Andai Kutahu. Sebagai icon remaja dengan image yang kuat , nama mereka tentu sudah tidak asing lagi, begitu pula dalam dunia seni peran dan tarik suara. Meski tergolong pendatang baru di dunia hiburan, namun sukses sudah dirasakan pasangan ini. Salah satunya adalah dinobatkan sebagai Penyanyi Favorit Pilihan anak nongkrong MTV lewat soundtrack lagu dari film Heart.

            Bagi Acha dan Irwansyah, Andai Kutahu ini merupakan sinetron perdana yang menempatkan mereka berdua dalam satu frame. Acha pribadi mengaku tertarik dan tertantang. “Film lebih detail, lebih menguji akting dan dialog. Tapi, bukan berarti sinetron nggak. Di sinetron, sistem kontrak, episodenya banyak. Dari segi materi, memang lebih menguntungkan di sinetron,” aku Acha.

            Sering tampil berdua di film, ternyata menimbulkan kekhawatiran dalam diri Acha dan Irwansyah kalau-kalau penontonnya akan cepat merasa bosan. “Takut, ada sih sedikit. Tapi, kami coba menguatkan ceritanya saja. Kalau ceritanya bagus, orang nggak akan berpikir macam-macam,” jelas Irwan sambi menambahkan jika dalam sinetron ini Rafli yang menjadi kekasih Acha.

  Inneke KoesherawatiAndai Kutahu Menjadi Obat Kerinduan

            Delapan bulan vakum dari kegiatan syuting rupanya membuat Inneke Koesherawati merasa rindu dengan dunia akting. Selama break, artis yang terjun ke dunia akting sejak tahun 90-an ini mengaku lebih banyak berdiam diri di rumah. “Waktu syuting, rasanya membayangkan enaknya kalau di rumah. Giliran udah di rumah, baru seminggu masih merasa enaknya, tapi lebih dari seminggu, aduh kayaknya syuting enak banget ya,” ujar istri Fahmi Darmawansyah ini.

            Terakhir membintangi sinetron Mutiara Hati dan Istri Pilihan, kini Inneke kembali berakting dalam sinetron Andai Kutahu. “Namanya manusia, nggak ada yang sempurna,” demikian alasan Inneke, soal kenapa ia kembali bekerja, sebagai presenter acara maupun pemain sinetron.

            Beradu akting dengan bintang-bintang muda berbakat, dirasakan Inneke memberikan keuntungan tersendiri. Selain memberikan kemudahan dalam pemahaman karakter, waktu syutingnya pun tidak berjalan lambat. “Karena mereka sudah berpengalaman dan memiliki nama besar, syutingnya jadi berjalan cepat, karena setiap adegannya jarang ada yang ngulang,” aku artis cantik yang saat ini rajin melakukan terapi urut rahim guna cepat mendapatkan momongan ini.

About these ads

8 gagasan untuk “Sinetron Andai Ku Tahu”

  1. Dear Redaksi,
    Saya penasaran banget dengan cerita ini, saya mau tau kelanjutan cerita ini, bagaimana sih????? aduh sedih banget yah…….tapi saya akan terus totnton kok. Tks udah menayangkan sinetron ini karena banyak banget pelajaran yg harus diterima dan yg paling berkesan para pemainnya jago untuk mengeluarkan air mata, mudah2an itu air mata beneran yah..jgn pake insto donk..hehehehe…….. Maju terus SINETRON INDONESIA… GOD BLESS YOU

  2. tau g’ seeeeh sinetron ini tu bagus bgt. TOP BGT dech , aq g’ pernah ketinggalan 1 episode pun , pernah waktu itu listrik mati aq sampe gila sendiri karena ketinggalan sinetron ini , tapi sayang ceritanya pendek bgt , udah aq ketinggalan 1 episode lagi,ooooo.. iya aq boleh minta sesuatu g’? .CDbiar andai kutahu keluarin donk kayak sinetron buku harian nayla itu lho.biar aku g’ ketinggalan ceritanya lagi plisss.. salam juga buat RAFFI AHMAD aktingnya keren buanget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s